mohamadrza

Just another WordPress.com site

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM KE 2 November 22, 2010

Filed under: Tugas Kuliah — mohamadrza @ 3:50 pm

I. Apa yang dimaksud dengan Organisasi ?

1. Organisasi Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

2. Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Pengertian organisasi

Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

II. Mengapa seseorang memerlukan suatu organisasi ?

(1) Dapat memberikan pengarahan dengan cara menggambarkan keadaan masa akan datang yang senantiasa berusaha dikejar dan diwujudkan oleh organisasi.
(2) Dapat Menciptakan sejumlah pedoman bagi landasan kegiatan organisasi.
(3) Merupakan sumber legitimasi yang membenarkan setiap kegiatan oraganisasi dan eksistensi organisasi organisasi itu sendiri.
(4) Sebagai patokan yang dapat dipergunakan oleh anggota organisasi maupun kalangan luar untuk menilai keberhasilan organisasi (efektifitas dan efisiensinya).
(5) Sebagai tolok ukur bagi para ilmuwan di bodang organisasi guna berusaha mengetahui sejauh manan suatu organisasi berjalan secara baik.

III. Beberapa alasan pertimbangan menjadi anggota kelompok organisasi tersebut diantaranya : What, Where, Why, When, Who, How ?

Setiap individu membutuhkan suatu ikatan dimana dia dapat berinteraksi dan saling berhubungan satu sama lain (dengan individu lain). Tidak ada satupun individu yang bisa bertahan hidup sendiri tanpa meminta bantuan kepada orang lain. Biasanya setiap individu dapat menemukan segala peran, kontribusi, dan wewenangnya ketika ia berada di dalam suatu kelompok. Bukan hanya itu saja, seseorang dapat memahami, mengerti, merasa aman, merasa puas dan tenang, jika dia sudah berada di dalam suatu kelompok yang dianggapnya sebagai alat pelindung dan pengatur kehidupannya.

dapat dilihat bahwa seorang minoritas ketika dia ingin berkembang, maka dia harus bisa menemukan individu lainnya yang sama dengan dirinya atau dia harus bisa mengikuti dan memahami segala bentuk budaya dan kebiasaan yang ada pada kelompok yang dia ikuti. Hal inilah yang dimiliki oleh suku Tionghoa, dimana di dapat mengaplikasikan hal tersebut dan membuatnya bertahan hidup di kehidupan yang menuntut dirinya sebagai kaum minoritas tetapi memegang peranan penting sebagai mayoritas dalam kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat.

IV. Buatlah struktur organisasinya, kemudian jelaskan jabatan, tugas / kewajiban dan hak dari masing-masing yang ada dalam struktur organisasi tersebut ?

Ketua organisasi : tugasnya bertanggung jawab atas semua yang dilaksanakan oleh anggotanya.
Wakil Ketua organisasi: tugasnya membantu segala urusan ketua organisasi agar mempermudah dalam pengurusan suatu organisasi
Sekretaris : befungsi mencatat agenda- agenda atau jadwal dalam segala urusan suatu organisasi.
Bendahara : tugasnya mengatur bagian keuangan.


 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s